Translate

Monday 11 June 2012

Contoh RESENSI BUKU


RESENSI BUKU
Nurul Hdayah Istiqomah
(20110540085)

Judul Buku      : Kuliah Fiqih Ibadah 
Penulis             : Syakir Jamaludin, MA
Terbit               : LPPI UMY
Cetakan           : I, Juni 2008
Halaman          : 298



Selama ini, tak jarang orang non islam menganggap islam itu adalah agama yang rumit, dan susah untuk di pelajari karena banyaknya perbedaan pendapat. Hal itu terjadi karena minimnya pemahaman mereka akan Islam dan itu sangat dirasakan oleh Pak Syakir selama berinteraksi dengan para mahasiswa universitas muhammadiyah yogyakarta. Saya merasa buku ini akan sangat memberikan pencerahan yang dapat mengenalkan Islam secara benar sebagai agama yang Rahmatan lil Aalamien dan mengajarkan bagaimana tata cara beribadah yang sebenarnya.
Buku kuliah fiqih ini dikarang oleh Syakir jamaludin, MA. Beliau adalah dosen di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, beliau mengajar ulumul hadits, fiqih, dan tafsir hadits. Sejak 2008 beliau menjabat sebagai ketua Lembaga Pengkajian dan Pengalaman Islam (LPPI) UMY.
Kelebihan buku yang diterbitkan oleh LPPI ini mampu memberikan penjelasan secara terperinci terhadap masalah-masalah beribadah yang selama ini menjadi kontroversi dikalangan masyarakat, selain itu penjelelasannya didukung dengan memberikan hadits-hadits yang cukup kuat untuk dijadikan sebuah landasan. Didalam buku ini juga bapak Syakir Jamaludin menyajikan dengan cara yang sistematis,lengkap dengan dalil-dalilnya mulai dari bab thoharah, shalat, zakat,puasa dan haji, beliau juga memberikan banyak pandangan dan pendapat tentang hal-hal yang menjadi kontroversi dalam masyarakat terutama tentang beribadah kepada Allah SWT. Akan tetapi buku ini hanya memberikan pandangan atau pendapat dari satu orang saja, selain itu buku ini juga hanya memberikan pendapat atau pandangan dari Muhammadiyah saja.
Kesimpulanya dari resensi ini adalah menerngkan bahwa Buku ini diawali dengan pengantar Ilmu Fiqh dan Ushul Fiqh sebagai bekal dasar dalam memahami dan menggali hukum Islam secara benar. Hal menarik lain dalam buku ini adalah mengupas persoalan kontroversial sekitar ibadah mahdlah, khususnya masalah sekitar shalat yang banyak diperselisihkan dalam masyarakat, seperti : Apakah Nabi saw mencontohkan mengejear-ngejar kaki jamaah lain saat merapatkan shaf, apakah jari telunjuk digerak-gerakkan saat tasyahhud ataukah tidak, dan berbagai tata cara shalat yang diperselisihkan kesunnahannya. Inilah sebabnya -selain sebagai Buku Teks Mata Kuliah Fiqh Ibadah- buku ini juga layak mejadi referensi bagi muballigh, guru dan masyarakat luas yang ingin menambah khazanah fiqh hadis sekitar ibadah.

No comments:

Post a Comment